Perawatan AC Secara Berkala, Pahami Gejala AC Mulai Bermasalah

Jakarta – Pengendara mobil akan merasakan nyaman jika interior mobil dirawat dengan baik dan selalu dibersihkan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Selain interior dan pernak-pernik mobil yang ada di dalamnya, perawatan AC atau Air Conditioner pada mobil juga perlu dilakukan, agar penumpang yang ada di dalamnya tidak merasakan kepanasan jika kaca mobil ditutup.

AC merupakan salah satu fitur penting di dalam mobil yang menentukan kenyamanan selama berkendara. Agar AC tidak mudah rusak, perlu melakukan perawatan intensif. Pasalnya, jika fungsi AC terganggu, bisa berdampak pada kondisi kabin. Dari mulai memunculkan aroma kurang sedap, apek, serta mengakibatkan udara panas.

Sebelum mengetahui tips-tips untuk merawat AC mobil, sebaiknya pemilik mobil harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kerusakan AC. Biasanya kerusakan pada AC mobil disebabkan oleh beberapa hal seperti, kebocoran pada pipa AC karena usia pemakaian yang sudah cukup lama atau dikarenakan kerusakan pada bagian evaporator maupun kondensor.

Selain kedua permasalahan tersebut, hal yang cukup sering menjadikan penyebab rusaknya AC mobil yaitu kesalahan memilih freon. Perlu diketahui, terdapat dua jenis Freon yang beredar di pasaran, yaitu R134a dan R12. Kedua jenis ini digunakan pada mobil yang berbeda. Bagi mobil keluaran 1994 ke atas, biasanya menggunakan Freon R134a. Sedangkan untuk mobil keluaran 1994 ke bawah menggunakan jenis R12. Selain membuat AC kurang optimal, salah memilih freon juga menyebabkan selang karet AC rusak dan menyebabkan kebocoran pada selang.

Untuk merawat AC mobil bisa dilakukan selalu mematikan kerja pendingin kabin itu ketika mesin mobil tidak menyala. Sebab, ketika mesin menyala, butuh tenaga yang cukup tinggi jika kondisi AC masih hidup.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan tidak merokok di dalam mobil. Namun, yang menjadi masalah disini yaitu merokok ketika kondisi AC mobil sedang menyala, sebab, asap rokok dapat menempel di bagian kabin mobil. Ketika ingin merokok sebaiknya matikan AC dan buka jendela mobil.

Langkah terakhir yang sangat penting untuk dilakukan yaitu dengan melakukan servis berkala. Hal ini dikarenakan perawatan AC harus secara khusus dilakukan. Hal ini dapat dilakukan secara berkala seperti, 1 bulan sekali atau jangka waktu tertentu. Hal ini akan menunjang peforma AC dan membuat ruangan mobil lebih terasa sejuk.

 

sumber: https://otomotif.tempo.co/read/1471547/perawatan-ac-secara-berkala-pahami-gejala-ac-mulai-bermasalah

Contact Us!